Di seberang Sungai Irwell dari Manchester, Kota Salford memiliki kisahnya sendiri.

Setelah diberi piagam pada tahun 1230, Salford memiliki ekonomi yang berkembang, dan lebih sukses daripada tetangganya yang terkenal.

Selama booming tekstil pada abad ke-18 dan 19, Salford menjadi pelabuhan pedalaman utama di Kanal Kapal Manchester, dan inilah Salford yang digambarkan dalam lukisan-lukisan L.S. Lowry (1887-1976), yang belajar di kota.

Tetapi ketika Salford Docks mengalami kemunduran setelah kemunduran, nasib kota itu menderita.

Perampasan tetap menjadi masalah, tetapi dalam 30 tahun terakhir pelabuhan, sekarang dikenal sebagai Salford Quays, telah menjadi lingkungan perkotaan yang futuristik.

Ini telah membawa tempat-tempat budaya utama seperti Lowry dan Imperial War Museum North, serta MediaCityUK di mana banyak BBC sekarang berbasis.

Ordsall Hall

Beberapa detik berjalan kaki dari arsitektur futuristik Salford Quays adalah rumah besar Tudor yang indah, rumah bagi keluarga Radclyffe selama 300 tahun.

Bagian yang masih hidup dari Ordsall Hall dibangun pada dua rentang di sekitar taman simpul halaman, selatan berasal dari abad ke-15, dan rentang barat selesai pada 1639.

Keduanya menggabungkan unsur-unsur yang lebih tua sejak 750 tahun yang lalu.

Peragaan perhentian di Ordsall Hall adalah Aula Besar yang megah, di mana Anda dapat melihat ke atas dan mengagumi atap remuk dan karya seni yang rumit dan memeriksa motif mawar Tudor yang diukir di meja abad ke-16.

Dari sana sebuah tangga mengarah ke Star Chamber abad ke-14, membual Radclyffe Bed, dibeli oleh John Raclyffe dan Lady Ann Asshawe pada tahun 1572. Ada banyak lagi yang bisa dilihat di Ordsall Hall, seperti dapur abad ke-17, abad ke-16. Galeri Frederic Shields dan Kamar Agung abad ke-14.

Salford Quays

Salah satu proyek regenerasi pertama dan terbesar di Inggris telah berlangsung di bekas situs Manchester Docks sejak akhir 1980-an.

Dermaga ini dibuka oleh Ratu Victoria pada tahun 1894 dan merupakan pelabuhan tersibuk ketiga di Inggris pada puncaknya, sebelum menurun setelah kedatangan pengiriman peti kemas.

Rencana untuk membangun kembali dermaga menjadi kawasan bisnis, budaya, dan perumahan dimulai pada awal 80-an, dan dermaga segera diganti nama menjadi Salford Quays.

Pada awal cekungan paralel dihubungkan oleh kanal-kanal kecil untuk membuat jaringan saluran air.

Kuartal baru ini mulai terbentuk pada akhir tahun 80-an, dengan selesainya bangunan tempat tinggal bertingkat rendah.

Ini kemudian bergabung dengan perkembangan tinggi yang lebih menarik seperti Imperial Point dan City Lofts, sementara Salford Quays terhubung ke jaringan trem Manchester Metrolink pada tahun 1999.

MediaCityUK

Salah satu proyek yang membuat Salford Quays tidak dapat dikenali dalam waktu satu generasi adalah MediaCityUK, pengembangan campuran seluas 200 acre yang ditujukan untuk perusahaan media dan fakultas untuk Universitas Salford.

Fase pertamanya selesai pada awal 2010-an, melahirkan lanskap kota abad ke-21 yang menarik.

Penyewa utama di sini adalah BBC, yang telah memindahkan banyak operasi mereka dari London ke Salford Quays sebagai bagian dari skema desentralisasi.

Penyiar besar lainnya, ITV, juga telah memindahkan ITV Granada dan cabang utara studio ITV.

Sebagai pengunjung, Anda dapat memandang dengan kagum pada arsitektur, mencicipi makanan, dan berjalan-jalan di taman dan plaza.

BBC mengadakan tur berpemandu selama 90 menit, menunjukkan kepada Anda di sekitar studio di mana pertunjukan utama seperti Match of the Day dan Mastermind direkam.

Di seberang Kanal Kapal Manchester, ITV juga telah membuka set-nya untuk Soap Opera yang sudah berjalan lama, Coronation Street.

 Lowry

Inti dari rencana untuk meregenerasi Salford Quays adalah Arts Centre, yang merupakan proyek besar pertama yang diselesaikan dan dibuka di sebelah Kanal Kapal Manchester pada tahun 2000.

Dirancang oleh Michael Wilford dan dengan petunjuk masa lalu industri Salford Quays, the Lowry dinamai pelukis kelahiran LS, LS Lowry, yang memiliki perhatian pada lanskap industri dan dididik di Salford Technical College (Sekarang Universitas Salford). Kompleks menggabungkan banyak ruang galeri, menampilkan karya-karya Lowry dari koleksi lebih dari 400 karya, bersama dengan pameran seni kontemporer jangka pendek yang terus berubah.

Ada tiga teater di Lowry, tempat duduk 1.730 (Lyric), 440 (Quays) dan 150 (Studio), dan ini memiliki sesuatu yang terjadi setiap hari dalam seminggu, baik itu drama, musikal, tarian, live music oleh artis-artis besar, sketsa dan komedi stand-up, atau pembicaraan oleh para filsuf, tokoh budaya dan politisi.

Museum & Galeri Seni Salford

Dikelilingi oleh Universitas Salford, museum yang cukup besar ini berada di sisi selatan Peel Park, memetakan sejarah Salford dan dengan inventaris besar seni Victoria.

Museum ini dibangun pada tahun 1850, dan patut dikunjungi hanya untuk menghargai galeri bergaya Renaissance Italia-nya.

Ini telah diatur untuk mencerminkan tata letak museum Victoria, dengan lukisan, seni dekoratif, dan patung yang semuanya bersaing untuk perhatian Anda di ruang yang sama.

Ada koleksi penting Pilkington’s Ceramics, yang dipamerkan di Galeri Utara.

Pada awal abad ke-20 perusahaan ini adalah produsen terkemuka di dunia ubin keramik berkualitas tinggi dan tembikar seni.

Juga penting adalah Lark Hill Place, jalan yang dibuat kembali yang kembali ke Victoria Salford, sedangkan LifeTimes Gallery menggali 200 tahun sejarah sosial di kota.

Untuk anak-anak muda ada Explorer Trail dengan kuis seru dan kegiatan menggambar.